7 Gunung Menakjubkan ini Ternyata Ada di Luar Angkasa!


Gunung api yg kerap lakukan erupsi nyata-nyatanya tidak cuma ada di Bumi saja, lho. Jauh di atas sana, ada sekian banyak gunung agung yg amat sangat mengagumkan. Bahkan kemampuan ledakannya sanggup menciptakan sekian banyak kota serta-merta lenyap dalam sekejap mata. Cuma saja tidak tidak sedikit orang mengetahuinya. Ilmuwan pula baru tahu sesudah mengamatinya melalui teleskop atau dikirim pesawat luar angkasa.
Gunung-gunung api yg ada di luar angkasa ini nyata-nyatanya mempunyai pengaruh yg akbar kepada lingkungan sekitarnya. Misal kala berlangsung ledakan, tempat gunung dapat segera tertutup gas sampai berjalan retakan tanah yg parah. Well, serta-merta saja. Inilah tujuh gunung mengagumkan yg ada diluar angkasa.

1. Gunung Olympus – Planet Mars 

Gunung Olympus tidak cuma ada di bumi tepatnya di negeri Yunani. diluar angkasa nyata-nyatanya ada gunung pun bersama nama Olympus, cocok di Mars. Gunung ini merupakan gunung paling tinggi di tata surya kita. Diperkirakan tinggi Gunung Olympus ini mencapai 25,7 kilo meter, atau tiga kali lebih tinggi dari gunung teratas di bumi. 
Gunung Olympus – Planet Mars [image source]
Gunung Olympus – Planet Mars [image source]
Gunung ini tetap jadi tinggi seiring dgn erupsi & lelehan lavanya mengering. Kemiringan gunung ini lebih kurang 5 derajat. Faktor ini menciptakan Gunung Olympus enteng didaki oleh siapa saja. Tetapi sayang gunung ini ada di Mars. Cobalah ada di bumi tentu telah laris didaki pencinta alam.

2. Pancake Dome – Planet Venus 

Venus tidak jarang dinamakan yang merupakan saudara dari bumi. Di ruangan ini terdapat kurang lebih 1.600 gunung api yg 85% di antaranya aktif & kerap meletus. Gunung di sini tak tinggi, biasanya berkisar 1 km utk tingginya. Tapi lebar gunung sanggup mencapai 22 kilo meter. Serupa dgn kue pancake apabila dibalik. Tidak mempunyai kemiringan yg tinggi tetapi melebar ke samping. 
Pancake Dome – Planet Venus [image source]
Pancake Dome – Planet Venus [image source]
Seandainya meletus, lava dapat meluber ke mana-mana. Bahkan sanggup menyebabkan kerusakan yg amat sangat fatal. Lebih-lebih Venus mempunyai tekanan hawa yg tinggi di permukaannya. Jikalau tekanan hawa kian tinggi, gunung-gunung di venus seperti berparade buat laksanakan letusan.

3. Tiger Stripes – Enceladus (Bln dari Saturnus) 

Saturnus yaitu salah satu planet paling menarik di tata surya kita. Planet ini diakui mempunyai beberapa ratus bln atau satelit. Tapi sayang cuma 62 yg dikenali orbitnya & 53 di antaranya mempunyai nama. Satu bln dari Saturnus bernama Enceladus nyatanya mempunyai gunung yg teramat hebat. 
Tiger Stripes – Enceladus (Bulan dari Saturnus) [image source]
Tiger Stripes – Enceladus (Bln dari Saturnus) [image source]
Gunung ini memanjang sejauh 130 kilo meter, tinggi 2 m & lebar mencapai 500 m. Gunung ini sebenarnya cryovolcanoes. Satu Buah gunung yg sanggup memancarkan air & serta meterial kimia yang lain. Gunung ini jadi special sebab satu-satunya gunung yg seandainya meledak tidak memuntahkan material lava panas.

4. Pillan Patera – Io (Bln dari Jupiter) 

Io yaitu suatu bln dari planet Jupiter yg mempunyai ukuran hampir menyamai bln milik bumi. Meskipun begitu, Io mempunyai tidak sedikit sekali gunung api yg amat spektakuler. Biasanya gunung di lokasi ini mempunyai kapabilitas ledak, penghancur, & tidak tidak sempat ada di bumi. 
Pillan Patera – Io (Bulan dari Jupiter) [image source]
Pillan Patera – Io (Bln dari Jupiter) [image source]
Terhadap th 1997, di area ini sempat berlangsung ledakan. Gunung itu bernama Pillan Patera. Ketika berjalan ledakan, suhu permukaan Io meningkat 160 derajat celcius. Tidak mogok di sana saja. Awan panas yg disemburkan gunung mencapai ketinggian 140 kilo meter. Juga menutupi wilayah se gede wilayah Yunani.

5. Cryovocanoes – Triton (Bln dari Neptunus) 

Neptunus ialah planet paling besar di tata surya kita hingga kini. Jarak kurang lebih 4,8 miliar kilo meter menciptakan kita menyangka tak ingin sempat ada gunung di sana. Atau dapat dibilang daerah Neptunus beserta bulannya senantiasa beku sepanjang thn. Nyata-nyatanya tak, ilmuwan menemukan fakta bila di Triton terdapat suatu gunung yg lumayan unik. 
Cryovocanoes – Triton (Bulan dari Neptunus) [image source]
Cryovocanoes – Triton (Bln dari Neptunus) [image source]
Gunung ini senantiasa menyemburkan geyser panas ke hawa. Padahal wilayah di sekitarnya senantiasa beku. Tidak Cuma itu, dari permukaan gunung senantiasa muncul gas nitrogen yg tidak sempat mogok sepanjang thn. Cryovocanoes dianggap ilmuwan sbg gunung unik sebab justru memancarkan air panas ketimbang lava yg bakal mengeras menjadi batu jikalau mengalami pendinginan.

6. Tharsis Montes – Planet Mars

Berjarak kira kira 32o kilo meter dari Gunung Olympus Mars terdapat suatu gunung yg dinamai dgn Tharsis Montes. Gunung ini terdiri dari tiga gunung dgn lebar antara 375-475 kilo meter. Biasanya permukaan gunung mempunyai ketinggian mencapai 15 kilo meter. Cobalah kita bandingkan bersama gunung terlebar di bumi, Mauna Kea. Gunung di Hawaii ini cuma mempunyai lebar 120 kilo meter. 
Tharsis Montes – Planet Mars [image source]
Tharsis Montes – Planet Mars [image source]
Yg menjadikan gunung ini hebat ialah letaknya yg berjajar satu sama lain seperti suatu garis lurus. Gunung ini diwaktu belum lakukan erupsi, tetapi seandainya ketiganya laksanakan erupsi bersama-sama, sanggup mengungguli kebolehan dari Gunung Olympus. Bahkan dapat berdampak kepada perubahan iklim di Mars.

7. Tvashtar Patreae – Io (Bln dari Jupiter) 

Satu faktor yg menciptakan Tvashtar Patreae amat sangat dikagumi oleh ilmuwan ialah kemampuannya jalankan ledakan. Lebih Kurang th 2007 silam ilmuwan menangkap satu buah kejadian hebat. Ledakan dari Tvashtar Patreae bisa membuat awan hitam yg menutupi wilayah selebar 330 kilo meter. 
Tvashtar-Patrea - Io (Bulan dari Jupiter) [image source]
Tvashtar-Patrea – Io (Bln dari Jupiter) [image source]
Padahal gunung ini tidak se gede gunung lain dalam list di atas. Luar permukaan dari gunung ini cuma berkisar 25 kilometer. Tetapi efek yg ditimbulkan lumayan mempengaruhi iklim di Jupiter tatkala sekian banyak kala.
Macam Mana? Hebat sekali kan gunung-gunung yg ada diluar angkasa ini. Tidak cuma wujudnya yg teramat agung & tinggi, namun kekuatan ledakannya yg nomor satu dahsyat. Tata surya menaruh tidak sedikit sekali misteri, mungkin diatas sana tetap ada gunung yg lebih dahsyat lagi.Who know? 


(sumber)

0 Response to "7 Gunung Menakjubkan ini Ternyata Ada di Luar Angkasa!"

Posting Komentar