Inilah Alasan Mengapa Anak Anda Perlu Mencoret Tembok




Kreativitas merupakan bagian dari proses pembelajaran untuk semua anak-anak, dan bagian dari proses tersebut, anak-anak menggambar atau mencoret, termasuk mencoret tembok. Anak-anak secara natural memiliki kreatifitas dan rasa ingin tahu yang cukup tinggi yang mendorongnya untuk bereksplorasi. Bereksperimen dengan benda-benda seni seperti crayon, spidol dan kapur merupakan salah satu cara yang terbaik bagi anak untuk belajar. Ketika mereka mencoret tembok dengan crayon, spidol, atau kapur, mereka akan belajar hubungan antara alat yang mereka pegang di tangannya dengan coretan yang mereka buat di tembok. Anak tidak mengerti bahwa hal tersebut salah pada awalnya, mereka hanya melihat tembok sebagai kanvas yang besar dan kosong untuk mereka isi. Jadi ketimbang membuat coretan-coretan di buku gambar, anak-anak umur 2-4 tahun tampaknya memang lebih suka membuat “mahakarya” mereka di tembok rumah.

"Anak-anak lebih asyik saat menggambar di tembok. Kenapa? Karena saat menggambar di tembok, mereka (merasa) ikut terlibat di dalam kisah yang mereka gambarkan. Melalui bidang yang lebih luas, mereka lebih bebas menggambar dan masuk ke dalamnya.psikolog Tubagus Amin Fa, SPsi, CTL, CH, CHt, Cl,.
"Rasa terlibat dalam dunia di dalam gambar itu tidak akan didapat ketika anak menggambar di bidang kertas.psikolog dari Aminfainstitute - Lembaga Riset dan Konsultan Edukasi Berbasis Brain Based and Holistic Learning.

"Anak-anak yang lebih kecil menjelajahi tembok karena suka mewarnai bidang apa saja. Hal ini berbeda dengan anak-anak usia 3-4 tahun, di mana perkembangan fisik membuatnya lebih mudah menggambar dengan merentangkan tangan di depannya ketimbang di bawahnya.Becky Bailey, PhD. - Penulis buku There's Gotta Be a Better Way.

Menggambar di tembok memberi posisi yang lebih nyaman, karena memungkinkan kontrol tangan dan mata yang lebih baik. Dengan cara ini, menggambar menjadi jauh lebih menyenangkan bagi si kecil. Menggambar di meja akan mulai menyenangkan ketika anak baru lepas dari taman kanak-kanak. Nah, sebelum anak menyelesaikan TK-nya, Anda mungkin memang harus merelakan tembok rumah menjadi ekspresi kebebasan anak.

Tapi kami yakin, kemungkinan besar Anda akan berpikir seribu kali untuk bisa merelakan tembok yang sudah Anda cat dengan apik hanya demi menumbuhkan kreativitas anak Anda, betul kan? Atau bahkan mungkin hal tersebut malah akan membuat Anda bertambah stres karena melihat tembok rumah Anda semakin hari semakin kotor. Apalagi jika anak Anda menggunakan spidol untuk mencoret tembok, karena selain membuat tembok Anda semakin kotor, bau yang ditimbulkan oleh spidol akan menjadi racun yang dapat membahayakan kesehatan anak Anda, karena memang spidol mengandung bahan kimia Xylene yang tergolong bahan kimia berbahaya. Karena Xylene itu pulalah spidol memiliki bau yang sangat menyengat.
Tidak seperti alat tulis lain seperti spidol, crayon atau kapur tulis biasa, produk Karalink tersebut merupakan produk yang aman untuk kesehatan anak Anda, karena terbuat dari bahan-bahan alami tanpa bahan kimia yang berbahaya.

Jika sudah begitu, Anda mungkin akan berpikir menggunakan kapur tulis tradisional ketimbang spidol yang beracun karena akan lebih aman menurut Anda. Tapi sebagaimana yang umum kita ketahui bahwa kapur tulis tradisional menimbulkan debu yang malah akan membuat rumah Anda kotor penuh debu. Dan tahukah Anda bahwa debu kapur tulis juga merupakan tempat berkembang biaknya bakteri? Anda tentu tidak ingin menimbulkan gangguan kesehatan pada anak Anda bukan? Terlebih lagi jika anak Anda menderita penyakit asma.

Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa menumbuhkembangkan kreativitas, kognitif dan motorik anak Anda dengan mencoret tembok tanpa mengotorinya dan tanpa mengganggu kesehatan anak Anda, karena kami punya solusinya!

Saat ini sudah ada produk yang bernama Karalink. Karalink pada dasarnya merupakan rangkaian produk alat tulis ramah lingkungan untuk berbagai keperluan, termasuk juga untuk kegiatan mencoret tembok bagi anak Anda. Dan kali ini TokoEdukasi.com membuat beberapa paket khusus untuk tujuan aktivitas mencoret tembok tersebut, yaitu Paket Hemat, Paket Ekonomis, Paket Standar dan Paket Lengkap.


(sumber)

0 Response to "Inilah Alasan Mengapa Anak Anda Perlu Mencoret Tembok"

Posting Komentar