Warga Enggan Tolong Pria Tua yang Jatuh di Jalan, Ini Sebabnya


Warga Enggan Tolong Pria Tua yang Jatuh di Jalan, Ini Sebabnya

Melihat seorang pria tua terjatuh saat menyeberang jalan di Kota Zhengzhou, Tiongkok, pekan lalu, warga tak langsung menolongnya.
Mereka bahkan hanya mengerumuni tanpa melakukan apapun. Setelah seorang warga mengambil foto, sebagai bukti jika pria tua memang terjatuh sebelumnya.
o
Ya, jiwa sosial warga di Tiongkok seolah terkikis habis. Maklum saja, banyak kasus warga yang memang berniat menolong, justru dituntut oleh orang yang ditolongnya.
Orang yang ditolong itu justru menuduh si penolong-lah yang mencelakainya.
r
Dan hal inilah yang terjadi di Kota Zhengzhou. Saksi mata menuturkan, pria tua itu terburu-buru menyeberang jalan dan tiba-tiba terjatuh.

Tergeletak di tengah jalan dengan muka berdarah, warga khawatir jika menjadi penolong pertamanya, mereka lah yang akan disalahkan atas kejadian tersebut.
i
Setelah memfoto pria tua tersebut, barunya warga yang berkerumun mau memanggil ambulans untuknya.
Bulan Juli lalu, seorang pria tua yang terjatuh saat naik sepeda menyalahkan pria yang menolongnya. Kasus ini menjadi berita besar di Tiongkok.

Sebelumnya, seorang pria tua di Zhejiang jatuh di jalan raya. Ia tak dihiraukan orang-orang yang ada di sekitarnya, hingga 8 menit kemudian ia tertabrak kendaraan yang melintas di dekatnya.
Banyak netizen yang menyarankan agar bertindak hati-hati dalam situasi semacam ini.
“Jika melihat orang asing tergeletak di tanah, mintalah seorang teman untuk merekamnya terlebih dahulu. Lebih baik lagi jika meminta kru televisi untuk datang ke sana,” saran seorang netizen dari Henan.

(sumber)

0 Response to "Warga Enggan Tolong Pria Tua yang Jatuh di Jalan, Ini Sebabnya"

Posting Komentar