Converse Tuntut 31 Perusahaan gara-gara Dicontek


Banyaknya plagiarisme yang terjadi pada sepatu ikonik Converse, membuat perusahaan asal Amerika Serikat itu, memutuskan menuntut 31 perusahaan yang dianggap mencontek desain dan ciri khas sepatu tersebut. 



Beberapa nama yang dituntut Converse termasuk brand kenamaan dan perusahaan besar, seperti Ralph Lauren, Kmart, Fila, Sketchers dan Wal-Mart. Mereka dianggap meniru desain sepatu ikonik berusia 97 tahun tersebut. 

Bersikap tegas terhadap plagi*risme itu, Converse telah mengajukan tuntutan resmi kepada pengadilan di New York. Mereka menuntut 31 perusahaan yang berlokasi di 5 negara, yakni Kanada, Australia, Italia, Tiongkok dan Jepang. 

Adapun, sepatu yang menjadi pusat permasalahan adalah jenis Chuck Taylor basketball show yang pertama kali diperkenalkan pada 1917.

“Kami tidak keberatan dengan kompetisi, namun kami tidak mau perusahaan lain merasa punya hak mengkopi ciri khas sepatu Converse, terutama Chuck Taylor, yang terbukti banyak dicontek,” ujar CEO Converse Jim Calhoun, dilansir Daily Mail. 

Agar kasus plagi*risme itu tidak berlarut-larut, Converse sudah meminta Komisi Perdagangan Amerika Serikat untuk melarang penjualan Converse palsu yang diimpor ke Negeri Paman Sam tersebut.




0 Response to "Converse Tuntut 31 Perusahaan gara-gara Dicontek"

Posting Komentar