Inilah Kerajinan Asli Indonesia Yang Membuat Indonesia Terkenal di Dunia


000001indonesiasfamousproductsB
Kalau kamu adalah penggemar kerajinan atau pernak pernik yang berasal dari negara lain, sepertinya sekrang saatnya kamu memalingkan perhatian kamu. Karena Indonesia sebenarnya mempunyai kerajinan warisan bangsa yang sangat luar biasa yang membuat Indonesia dikenal dunia.

Kerajinan ini sangat identik dengan Indonesia, karena siapapun yang mendengar ataupun melihat kerajinan ini pasti akan terlintas nama Indonesia di kepala. Dan dari kerajinan inilah lahir berbagai produk yang sangat disukai baik itu di dalam negeri ataupun mancanegara.

Anyaman


anyaman
Source : http://keepo.me

Anyaman rotan adalah komoditas perdagangan yang cukup mempunyai nilai di dunia. Mulai dari yang sederhana, keranjang rotan, tempat tisu, tas tangan hingga yang rumit seperti meja, kursi sudah benar benar mendunia.

Berbahan dasar rotan dan bambu yang sangat banyak ditemui di Indonesia membuat kerajinan khas Indonesia ini mempunyai semakin banyak variasi. Bentuknya yang lentur namun kuat dan solid membuat berbagai benda yang dihasilkan kuat dan ringan.

Ukiran Kayu


ukiran kayu
Source : http://keepo.me

Ini adalah bentuk kerajinan yang sangat sederhana dan sudah ada sejak lama. Ukir ukiran kayu ini cukup populer di luar negeri. Semakin bagus dan semakin detil ukirannya, harganya akan semakin mahal. Bahkan orang Indonesia sudah bisa membuat ukiran dengan efek 3D yang menjadikan ukir ukiran itu mempunyai nilai yang sangat tinggi.

Setiap daerah di Indonesia mempunyai motif ukiran yang khas, namun yang paling terkenal adalah ukiran dari Bali, Jepara dan Lombok. Biasanya ukir ukiran ini sebagai penghias perabot kayu supaya tampak lebih cantik. Selain cantik bisa membuat harga nya lebih melambung tinggi.

Wayang


wayang
Source : http://keepo.me

Wayang ini sudah mendapatkan gelar Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non-bendawi Manusia (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) dari UNESCO. Bentuknya bervariasi tergantung wayang ini berasal dari daerah mana, namun pada umumnya wayang terbagi menjadi dua, wayang golek dan wayang kulit.

Wayang sangat populer di Jawa dan Bali, dan biasanya diperuntukkan untuk pertunjukan tradisional atau yang berkaitan dengan adat. Saking terkenalnya, wayang ini sempat diklaim oleh negara tetangga sebagai salah satu warisan budaya mereka.

Kain Tenun


kain
Source : http://keepo.me

Dibuat dengan mesin tenun tradisional non mesin, diperlukan keterampilan khusus untuk membuatnya dan tidak semua orang bisa membuat kain tenun. Pengerjaan nya pun cukup lama. Tersebar di seluruh Indonesia dan mempunyai motif yang cukup unik.

Daerah yang terkenal dengan kain tenunnya adalah Bali, Minang, Toraja dan Lombok.

Batik


batik
Source : http://keepo.me

Selain wayang, batik juga mendapatkan gelar Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non-bendawi Manusia (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) dari UNESCO. Batik ini sendiri adalah warisan budaya Indonesia. Dan bukan cuma populer di Indonesia saja, namun batik sudah sering menjadi inspirasi mode para perancang busana di dunia.

Kalau kamu masih menganggap batik identik dengan busana tradisional, maka kamu salah besar. Sudah cukup banyak perusahaan fashion terkemuka yang menggunakan batik sebagai produk mereka. bukan cuma produk baju, namun sudah merambah ke dress, jaket, sepatu, tas dan sebagainya.


(sumber)

0 Response to "Inilah Kerajinan Asli Indonesia Yang Membuat Indonesia Terkenal di Dunia"

Posting Komentar