Unik....Kemeja Ini Bisa Isi Ulang Baterai HP


Saat ini teknologi berkembang begitu pesat. Banyak temuan dan inovasi baru yang diciptakan oleh berbagai orang di dunia. Pernahkah terpikir bahwa pakaian Anda bisa menjadi tempat mengisi ulang baterai?



Tim peneliti dari Columbia Engineering dan Georgia Institute of Technology menemukan cara baru untuk menciptakan listrik dengan menggunakan generator atom tipis. Ini akan menghasilkan listrik ketika membungkuk atau meregang. Selain itu alat tersebut bisa dijahit menjadi pakaian bahkan digunakan dalam impl*an medis.

Tim peneliti mengatakan bahwa material yang digunakan adalah melibdenum disulfida (MoS2). Bahan tersebut hanya berupa lapisan tipis dan bisa dibuat sebagai perangkat yang bisa dibenamkan ke dalam pakaian. Sementara energi baterai didapatkan dari gerakan tubuh yang diolah menjadi daya listrik.

"Bisa menyediakan energi yang cukup untuk mengisi baterai telepon seluler Anda," kata James Hone, profesor teknik mesin di Columbia, dilansir Daily Mail.

Dalam sebuah makalah yang terbit secara online pada 15 Oktober 2014 kemarin, kelompok penelitian dari dua lembaga menunjukkan generasi mekanik listrik dan dua dimensi MoS2.

Efek piezoelektrik dalam material ini sebelumnya sudah diperkirakan secara teoritis. Efek tersebut terkenal di mana ada kondisi peregangan atau penekanan materi yang hadir menghasilkan tegangan listrik. 

Zhong Lin Wang, profesor di Georgia Tech's School of Material Science dan Engineering mengatakan bahwa bukti efek piezoelektrik dan piezotrinic menambahkan fungsi baru untuk bahan dua dimensi

"Kami ingin membangun perangkat yang berguna untuk semua jenis aplikasi," kata Hone.




0 Response to "Unik....Kemeja Ini Bisa Isi Ulang Baterai HP"

Posting Komentar